Program Strategis APJI
9 Program Strategis DPP APJI 2024-2029
Melalui Rencana Program ini, Kami berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan daya saing para Pengusaha Jasa Boga dan Kuliner di Tanah Air.
Program ini dirancang dengan memperhatikan berbagai aspek, mulai dari Pelatihan dan Pengembangan Keterampilan, Sertifikasi Usaha, Promosi Produk Lokal, hingga Peningkatan kerjasama antar Anggota Asosiasi.
1. Sentraliasi Database
Menjaring basis data keanggotaan yang lengkap dan akurat agar dapat diakses antar sesama anggota sehingga mampu berjejaring serta dapat memaksimalkan potensi seperti nilai tawar kepada para pemasok, bersinergi untuk memenuhi kapasitas pesanan besar, dan lain sebagainya.
2. Transformasi Digital
Mendorong digitalisasi di industri jasa boga di Indonesia sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan daya saing para pelaku usaha.
Inisiatif Transformasi Digital APJI mencakup beberapa aspek kunci, yaitu penerapan teknologi informasi dalam manajemen operasional, penggunaan platform digital untuk pemasaran dan penjualan, serta peningkatan keterampilan digital para anggota.
3. Pelatihan dan Sertifikasi
Pelatihan-pelatihan dan juga Sertifikasi akan diselenggarakan untuk meningkatkan Keahlian dan Kapabilitas para Anggota maupun karyawan Perusahaan dari para anggota APJI. Upgrade Legalitas untuk Perusahaan milik Anggota khususnya di dunia F&B.
4. Akses Permodalan dan Perbankan
Membangun relasi dan menghubungkan para Anggota ke Institusi keuangan seperti Perbankan dan Lembaga Permodalan sehingga
dapat mendapatkan fasilitas keuangan yang kredibel
dengan Cost of capital yang bersaing.
5. APJI MART Exhibition
APJI Mart merupakan sebuah program yang mewadahi para pelaku UMKM yang telah menjadi Anggota APJI dalam mempromosikan produk, layanan, e-katalog pelaku usaha kepada pasar skala Nasional maupun Internasional. APJI Mart hadir melalui kegiatan Bazaar atau Expo (Food + Beverage Indonesian Expo oleh Wakeni, ICEF, SIAL Interfood, dan Kegiatan lainnya) yang berkaitan dengan Industri Jasa Boga dan Kuliner.
6. Festival Makanan Nusantara
Berkolaborasi dengan lebih dari 100 UMKM di Indonesia untuk memeriahkan acara yang akan dirangkum selama beberapa hari dan dibalut dengan rangkaian Acara seperti Bazaar Makanan Nusantara, Cooking Demo, Presentasi Produk, Talkshow dan Penampilan Musisi-musisi Indonesia.
7. Cooking Class
Agenda yang akan rutin diselenggarakan oleh DPP APJI untuk membuat Kelas Memasak atau Cooking Class, dengan berbagai variasi tema kuliner dan tingkat keterampilan peserta.
8. APJI Goes To Campus
“APJI Goes To Campus” mencakup berbagai kegiatan, seperti seminar, workshop, dan kuliah tamu yang menghadirkan para ahli dan praktisi dari industri jasa boga. Melalui inisiatif ini, APJI berharap dapat meningkatkan pemahaman dan minat generasi muda terhadap industri jasa boga serta mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten dan siap bersaing di sektor ini.
9. Go Global
Berusaha membawa Produk lokal milik Anggota APJI untuk dapat bersaing dalam kegiatan acara di kancah Nasional maupun Internasional, sehingga dapat membawa kontribusi terhadap devisa Negara.